Kamis, 17 Januari 2013

Contoh Teks Berita


Menurut Wikipedia Indonesia (ensiklopedia bebas), berita adalah informasi baru atau informasi mengenai sesuatu yang sedang terjadi, disajikan lewat bentuk cetak, siaran,Internet, atau dari mulut ke mulut kepada orang ketiga atau orang banyak. Sedangkan menurut buku pelajaran saya (Bahasa Indonesia kelas VIII terbitan ESIS) berita adalah kejadian atau peristiwa yang dicitakan kembali dengan menggunakan kata-kata, suara, atau gambar.
            Isi berita adalah fakta-fakta. Berita tanpa fakta biasanya disebut sebagai “kabar burung”, “gosip”, atau “berita bohong”. Susunan suatu berita atau fakta-fakta dalam berita dapat diungkapkan melalui pertanyaan Apa, Siapa, Kapan, Di mana, Mengapa dan Bagaimana, atau yang biasa disebut dengan 5W 1H (what, who, where, when, why, how). Untuk menentukan pertanyaan berdasarkan fakta yang dicari :
·        Apa                  : Penyebab atau akibat suatu kejadian.
·        Siapa                : Fakta lengkap tentang orang-orang yang terlibat dalam peristiwa/kejadian.
·        Kapan              : Waktu kejadian, sebelum kejadian, atau sesudah kejadian.
·        Di mana            : Tempat kejadian (deskripsi lengkap).
·        Mengapa          : Alasan tentang "Apa“.
·        Bagaimana        : Fakta tentang proses kejadian.
            Seperti setiap tulisan atau teks memiliki tiga bagian inti, yaitu bagian pendahuluan/pembukaan, isi atau rincian, dan penutup. Ciri khas teks berita adalah menggunakan teknik piramida terbalik. Maka dari itu, fakta dalam berita yang paling menonjol atau diperkirakan paling menarik ditempatkan pada bagian pembukaan, bukan di bagian isi atau penutup.
    • Contoh berita :
Pohon Tumbang, Jalur Busway Ditutup

            Pada Hari Rabu, 12 Maret 2008, hujan deras yang disertai angin kencang telah menumbangkan sebuah pohon yang cukup besar di depan sekolah Al-Azhar di Jl. Sisingamangaraja, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Pohon itu telah menutup jalur busway di sana, sehingga bus transjakarta terpaksa melewati jalanan umum.
            Jalanan reguler yang awalnya sudah macet total karena hujan deras yang selalu mengguyur Jakarta akhir-akhir ini bertambah ramai lagi oleh bus transjakarta dari arah CSW yang menuju Bundaran Senayan. Menurut warga di sekitar kejadian, pohon itu tumbang pada pukul 15.10 WIB (sore hari).
 “Dinas Pertamanan yang bertanggung jawab atas pohon tumbang tersebut belum juga tiba di lokasi setelah waktu yang cukup lama, sehingga bus transjakarta menambah ramai jalanan reguler di sini” tutur petugas TMC yang sedang menertibkan jalanan di tempat tersebut.
Berita ini disampaikan kepada pengendara agar menghindari jalanan tersebut.

--> Contoh berita, apabila dibawakan oleh Pembawa berita di Tv :

            
Selamat siang, pemirsa. Kembali lagi di Labsnews Hi-light bersama saya Wimala Puspa. Selama beberapa menit ke depan saya akan membawakan berita mengenai jalur busway yang ditutup akibat pohon tumbang.
Pada Hari Rabu, 12 Maret 2008, hujan deras yang disertai angin kencang telah menumbangkan sebuah pohon yang cukup besar di depan sekolah Al-Azhar. Pohon besar tersebut tepatnya telah menutup jalur busway yang berada di Jl. Sisingamangaraja, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, sehingga bus transjakarta dari arah CSW menuju Bundaran Senayan terpaksa melewati jalanan umum.
            Menurut warga di sekitar kejadian, pohon itu tumbang pada pukul 15.10 WIB (sore hari) dan membuat jalanan reguler yang awalnya sudah macet total akibat hujan deras bertambah ramai oleh bus transjakarta.
            Ironisnya, dinas pertamanan yang bertanggung jawab atas pohon tumbang tersebut belum juga tiba di lokasi setelah waktu yang cukup lama, sehingga pohon yang cukup besar tersebut masih berada di tempatnya dan belum juga dipindahkan.
Walaupun sudah ada tiga petugas TMC (Traffic Management Centre), tetap saja jalanan yang ramai oleh kendaraan-kendaraan yang saling berebut tidak dapat ditertibkan. Tapi untungnya, tidak ada korban jiwa atas kejadian tersebut.
Sekian berita dalam Labsnews Hi-light hari ini. Saya Wimala, mohon undur diri. Selamat siang.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar